Monday, October 1, 2018

Akhirnya pindahan dari Wordpress ke Blogger


Wordpress to Blogger
Setelah cukup lama ditinggalkan dan hampir dilupakan, ternyata blog ini menjadi sarang penyamun, alias banyak penyusup didalamnya (Hacked).

Mengingat kurangnya waktu untuk mengelola blog ini apalagi untuk mengikuti perkembangan update wordpress beserta plugin yang terpasang, akhirnya diputuskan untuk memindahkan blog ini dari hosting cpanel dengan wordpressnya ke blogger.com yang dimiliki oleh google ini.

Sebetulnya sudah lama juga ingin memindahkan blog ini ke blogger.com, cuma memang waktu yang belum pas, dan sekarang mau nggak mau memang harus pindah (lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali... hahaha)

Beberapa keuntungan menggunakan Blogger.com adalah jaminan keamanan dari Google (bisa kena hack kalo penyusup mengetahui login gmail kita) dan pastinya unlimited bandwidth :)

Tahapan untuk pindah dari wordpress.com ke blogger.com dengan nama domain kita juga sangat mudah, berikut ringkasannya:

Backup Wordpress:
  1. Backup blog wordpress kita melalui menu setting, tools, export all.
  2. Convert file .xml dari export wordpress diatas melalui alamat http://www.wordpress-to-blogger-converter.appspot.com/ 
 Buat akun blog di Blogger.com dan pindahkan domain:
  1. Daftar blog di blogger.com dengan akun google.
  2. Masuk ke menu setting, edit alamat blog dan masukan alamat domain kita, nanti muncul setingan yang harus ditambahkan di DNS domain kita.
  3. Masuk ke akun domain kita, edit DNS dan tambahkan CNAME yang di dapat dari blogger.com (2 CNAME).
  4. Masuk lagi ke blogger.com, pilih menu setting, edit lagi alamat blog, kemudian centang: Alihkan nama-domain.com ke www.nama-domain.com.
  5. Selesai... kita tunggu proses update DNSnya kurang lebih 1 jam (bisa juga hitungan menit).
Tahap terakhir adalah Import file backup wordpress yang sudah di convert ke blog baru kita di blogger.com melalui menu setting, lainnya, impor konten.

Semoga bermanfaat :)

Catatan: Berdasarkan pengalaman, nggak semua hasil convert berhasil 100%, mungkin ada sebagian blog post / page yang perlu di edit kembali setelah di impor.

No comments:

Post a Comment