Monday, August 6, 2018

Potong ikan lele hasil panen kolam Kakek

Siang ini kita dapet rejeki hasil panen kolam, kebetulan pagi tadi kakek menguras kolam ikannya, isi kolamnya ada 2 jenis ikan yaitu ikan patin dan ikan lele, dan kita kebagian beberapa ekor ikan lele (ikan patinnya sedikit).

Tadinya kita mau berangkat pagi-pagi ke rumah Kakek, jadi kita bisa ikutan bantu untuk nguras kolam ikannya, tapi berhubung ada kerjaan di rumah sehingga kita berangkat ke rumah kakek siang harinya.

Nah... kalo ngomongin soal ikan lele, ternyata ikan lele itu banyak sekali manfaatnya, diantaranya :
  1. Rendah kalori dan lemak
  2. Sumber protein lengkap
  3. Sumber vitamin B12
  4. Rendah merkuri
  5. Mengandung asam lemak sehat
Jadi sayang kan kalo kita nggak mau makan ikan lele ini, disamping banyak manfaatnya, ikan ini juga rasanya enak, dagingnya lembut.

Biasanya kalo dapet ikan lele, pasti Aby yang motong dan beresin, tapi kali ini Fatih dengan semangat 45 (kebetulan bulan agustus) langsung minta diajarin buat motong dan beresin ikan lelenya. Mulai dari cara megangnya, matiin ikannya, motong badannya, bersihin dalemannya, dan potong-potong sesuai selera.


Proses belajar motongnya lucu, kita sampe ketawa-ketawa.... mulai dari takut-takut megangnya, mungkin karena geli karena licin atau takut kena patilnya :)

Akhirnya semua ikan lele berhasil di potong dan dibersihkan, tinggal tugasnya Bunda untuk bikin ikan lele ini jadi enak dimakan, bisa digoreng, digulai, dibakar atau lainnya.

No comments:

Post a Comment