Monday, December 1, 2008

Merubah File AVI ke File Executables

Terkadang apabila anda ingin menjalankan file video, file tersebut tidak bisa di jalankan, ini karena file video tersebut membutuhkan sebuah codec video. Sebuah codec video adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan kompresi atau decompresi video. Apabila video dikompresi dengan DivX, maka anda memerlukan codec DivX yang terinstall di komputer anda. Apabila kita tidak tahu codec apa yang digunakan untuk kompresi/dekompresi file video tersebut, maka kita harus menginstall paket codec untuk menjalankannya. Ada banyak jenis paket video codec yang dapat Anda temukan di Internet seperti K-Lite Codec Pack, Nimo Codec Pack, XP Codec Pack, Windows Essentials Codec Pack, dan masih banyak lagi.

Ketika paket codec cocok dengan file video anda, maka video anda akan berjalan dengan semestinya. Tetapi jika tidak, Anda harus mencoba beberapa paket codec untuk diinstal/uninstall sampai video anda berjalan dengan baik. Jika Anda perlu menampilkan video pada saat presentasi, anda akan membuang banyak waktu untuk mencoba beberapa paket codec.

Ada cara yang lebih praktis yaitu mengkonversi file video menjadi file Executables (bisa berjalan sendiri) tanpa memerlukan instalasi, paket codec atau media player untuk menjalankan video.

Software untuk mengkonversi itu adalah MakeInstantPlayer, adalah sebuah software yang di gunakan untuk mengkonversi file video ke file Executables . Hal ini sangat berguna untuk mendistribusikan video anda, anda tidak memerlukan software tambahan untuk menjalankan file video. MakeInstantPlayer menggunakan MPlayer untuk menjalankan file video, serta mendukung hampir semua format video yang ada. MakeInstantPlayer ini juga menggunakan NSIS untuk menggabungkan semua komponen yang di butuhkan ke dalam satu file EXE.

Download MakeInstanPlayer

1 comment:

  1. Thx informasinya mas, ternyata file avi bisa dijadiin .exe ya :)

    ReplyDelete