Monday, November 24, 2008

Cara Transfer & Edit rekaman Handycam DVD

Kemarin Bunda dapat tugas/kerjaan buat mentransfer/mengedit hasil rekaman kegiatan kantor, karena hal ini udah sering di lakukan (biasa transfer plus edit hasil rekaman sendiri) maka tugas itu di terima dengan mantaBB

Tapi, ternyata yang di kasih bukannya kaset miniDV melainkan DVD-R berukuran kecil, ini berarti handycam yg digunakan adalah handycam DVD (handycam yang merekam langsung ke media DVD berukuran kecil dan bukan berbentuk kaset seperti biasanya), padahal sebelumnya belum pernah mentransfer/edit hasil rekaman dari handycam DVD.

Dengan rasa penasaran, Bunda coba transfer dengan cara biasa yaitu dengan software Adobe Premier, dah hasilnya gagal. karena di Premier tidak ada opsi untuk mentransfer dari media DVD, melainkan harus dari handycamnya langsung. Kemudian timbul inisiatif untuk merubah (convert) format rekaman DVD (.VOB) ke dalam format AVI standar, agar bisa di baca oleh premier, tapi cara ini pun gagal, karena hasil perubahan (convert) tidak bisa di baca dengan baik oleh Premier.

Trus gimana donk cara transfer dari handycam dvd???

Satu-satunya jalan adalah bertanya sama om google, “Gimana sih om cara mentransfer & mengedit rekaman handycam DVD?” dan setelah mengajukan beberapa pertanyaan akhirnya di dapatkan petunjuk bahwa ada software yang bisa melakukannya ……… dia adalah…….. “SONY VEGAS” (mungkin aja ada software lainnya, tapi kebetulan aja ketemunya si “VEGAS” ini) adalah software editing video seperti juga Adobe Premier tapi beda produsennya, dari namanya saja sudah keliatan siapa yg punya

Download dimulai……… 1…2…3…4…5….1000 dst…. selesai

Perlu beberapa jam untuk mempelajari si “VEGAS” ini, dan ternyata lebih mudah di bandingkan si “Premier” (ini pendapat pribadi loh). Kalau di bandingkan, untuk proses menghapus bagian yang tidak kita inginkan, si “VEGAS” hanya membutuhkan 1 tombol saja, dan itupun sudah plus transisinya (efek perpindahan antara 1 frame ke frame lainnya) dibandingkan si “Premier” yang membutuhkan lebih dari 1 tombol dan 1 klik.

Kesimpulan saya, “VEGAS” lebih mudah penggunaannya di bandingkan dengan si “Premier” (Untuk proses editing sederhana, kalau untuk fiturnya saya belum terlalu mendalami baik untuk Premier maupun VEGAS). Tapi si “VEGAS” ini juga mempunyai kekurangan…… yaitu Loadingnya yg lama dan sepertinya membutuhkan  extra memori (memory PC saya cuma 1GB, si “Premier” nggak selama si “VEGAS”)

Oke deh…. selamat bertransfer dan beredit ria….

*) instalasi VEGAS membutuhkan Microsoft .NET 2 Framework.

25 comments:

  1. jadi inget mbak Vega-nya tukul deh…:) makasih artikelnya

    ReplyDelete
  2. Vegas yang baru versi berapa ya mbak?

    ReplyDelete
  3. muanteb2 nih infonya.......... thx ya mbak, buat mas anto, setelah saya cari di google versi terbarunya versi 9 mas :)

    ReplyDelete
  4. makasih banget nih info nya,

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    mau tanya kalau mau transfer dari digital handycame (08)ke PC perangkat apa aja yang diperlukan.

    thank's

    syaiful

    ReplyDelete
  6. coba dulu ahhhhhhhhhhhhh
    sukron katsir....

    ReplyDelete
  7. klo pek ram yang 4 gb kira kira cukup ga wat make sony vegas ??? premiere ribet TT

    ReplyDelete
  8. klo pek ram 4gb cukup ga pke sony vegas ????

    ReplyDelete
  9. Kalau ram 4 GB lebih dari cukup mas.... :)
    Komputer saya saja cuma 2 GB.

    ReplyDelete
  10. mbak, komputer sata RAMnya cuma 1 GB, tapi dah oke banget ngedit video pake vegas. semakin baru versi vegasnya semakin ringan prosesnya. beda sama premiere.
    yang bikin lama prosesnya itu, justru saat vegas membuka file video, dimana dia membuat file grafik audio sendiri. kalo sudah jadi itu grafik, maka proses selanjutnya akan ringan.
    untuk preview video pun, vegas bisa realtime, tanpa perlu membuat file temporary seperti premier pro.
    RAM besar bisa dimaksimalkan untuk RAM preview, seperti fungsi pada adobe after fx

    ReplyDelete
  11. ..vegas..utk transfer dr DVD Handycam memang kudu pake vegas 7 keatas.
    FYI, slh satu faktor yg membuat lamanya proses loading tsb adlh terinstalnya Media Manager (ada di versi 6 keatas).Coba aja pas instal jgn di OK. atw kl udh terlanjur hapus aja dari control panel.Kwalitas jg akan ttp OK ko(ga ngaruh)..Vegas adlh sw vid/audio teringan tp juga powerful dari sw yg ada.Kl mo yg lbh ringan, cepat & OK lg cobain deh Vegas 5. Soal kwalitas dgn premiere pro??..boleh deh diadu..!!

    ReplyDelete
  12. mas saya pake sony handycame sony yang pake dvd tuch mas.. pi ga da lubang IEEE nya adanya hanya usb aza.. buat koneksinya, gmna mas cara transfernya... pls minta bantuannya aku lagi perlu bangetz neh....

    terima kasih.

    tohirin.indramayu

    ReplyDelete
  13. Saya pakai handycam soni yang pakai DVD RW ukuran kecil, ada salah satu dari hasil rekaman, tidak bisa di Finalisasi, dan ketika saya putar ulang di handcamnya ada peringatan " Rekaman Tidak Bisa Di jalankan ". Kemudian saya coba langsung mau copy ke PC, tenyata tidak bisa juga. Saya coba putar lagi ke Handycamnya, muncul lagi peringatan " Rekaman Tidak bisa di jalankan". Padahal status rekaman dalam DVD RW nya penuh, mohon bantuannya? Terimakasih.

    ReplyDelete
  14. @tohirin
    coba pake kabel usb aja transfernya mas.... setahu saya bisa juga kok

    ReplyDelete
  15. @pril
    thx infonya mas...

    ReplyDelete
  16. heheh, ternyata qt pernah punya m'slah sama! dulu susah juga transfer dvd. ternyata pake vegas 5 ok juga tuc.

    hm, mas, kalo burning dvd/vcd biar filenya ke hidden alias 'ga bisa dibaca di pc, tapi bisa diputer di vcd/dvd player pake sofware apa yac.... makasih mas....

    ReplyDelete
  17. saya punya kasus diatas, cuma dvdnya belum difinish,
    apa bisa pake sony vegas juga..??
    makasih...

    ReplyDelete
  18. mas kemarin baru nyentuh handycam yang media rekamnya adalah dvdr yang berukuran kecil, yang saya kira bisa di buka filenya dengan dvd room biasa e ternyata ndak bisa.
    bisa di bukanya pakai apa ya.

    ReplyDelete
  19. tx infonya, sangat membantu, maklum, saya masih awam baru belajar, tak donlot dulu ya...
    ^_^

    ReplyDelete
  20. om kalo video rekamanya dlm miniSD trus mo dipindahin videonya ke kaset DVD gmana caranya. mhn penjelasanya.
    terimakasih

    ReplyDelete
  21. mba klo di premier g bisa, itu pengaruh dari codec'y bukan...???kan pas instalasi codec juga itu ada beberapa file yg mau kita pilih...
    nah klo kita ceklist semua itu bisa g..??
    mslhnya...klo mnurut aku pribadi vegas emg simple sama seperti ulead N pineaccle tp fiturnya kurang...

    ReplyDelete
  22. thx mas.. akhirnya dapet juga software untuk ngonvert video itu semua..

    ReplyDelete
  23. wah kebetulan gw lg kesulitan nih utk transfer rekaman dr handycam dvd, dikomptr gw ga kebaca... apa harus di transfer dr handycamnya lgsg ya??? mslhnya handycamnya uda ga ada,, ma'lum boleh minjem.. heheee

    ReplyDelete
  24. makasihhh banyaj mbak artikelnya. saya ampe panik ini dvd handycam saya gak mau diubah ke AVI pake converter biasa... saya udah pusing, untung nemu artikel mbak yang bagus ini. semoga saya bisa edit video buat tgs kuliah soalnya:)

    ReplyDelete