Tuesday, May 1, 2007

Belajar Sholat

Program ini diilhami oleh tayangan sinetron Kiamat Sudah Dekat, salah satu sinetron yang pernah ditonton oleh Presiden SBY ketika sedang sakit dirumahnya. Dalam salah satu adegan di film tersebut, ada seorang pemuda bernama Fandi yang ingin belajar sholat, tapi tidak tahu harus mulai darimana. Akhirnya pemuda tersebut membeli poster yang bergambar tata cara sholat. Tapi poster itu belum cukup, karena pemuda tersebut tidak dapat membaca tulisan arab. Akhirnya pemuda tersebut belajar kepada temannya yang sudah bisa sholat. Dalam film itu, dibutuhkan waktu 2 minggu untuk bisa sholat, padahal kewajiban sholat ini sudah dimulai sejak memasuki usia akil baligh. Hal inilah yang mendorong saya untuk membuat program yang dapat membantu setiap orang untuk belajar sholat secara mudah dan cepat.

Program ini berisi gambar bagaimana cara sholat dan bacaan apa saja yang diucapkan dalam sholat. Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat membantu saudara Muslim lainnya dalam melaksanakan Rukun Islam yang kedua, yaitu sholat. Program yang sangat sederhana ini merupakan salah satu tugas mata kuliah JAVA sewaktu saya kuliah dulu. Walaupun tampak sangat sederhana, mudah-mudahan program ini dapat berguna bagi siapa saja yang ingin memberikannya pada adik, keponakan, sepupu, atau siapa saja yang ingin belajar Sholat.

Cara Menjalankan Program

Karena program ini berupa file jar, maka untuk menjalankan program Belajar Sholat, anda harus menginstall Java Runtime Environtment (JRE) yang dapat di download dari sini.

Download BelajarSholat di sini. Selanjutnya ekstrak dan jalankan installer BelajarSholat.exe. Setelah proses instalasi berhasil, jalankan BelajarSholat dari start menu.

Semoga Bermanfaat

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi yang lain

Credit :

- Poster Sholat Yukk dari Mizan.

- Suara diisi oleh A. Ridho

Update :

Program sudah dapat didownload disini . Sedangkan source code dapat dilihat disini.

Update dari blog pembuatnya :
Tks to kannyd yang sudah mirror aplikasi ini di http://metafisika-center.org/download/BelajarSholat.zip

Sumber : chaidir.wordpress.com

6 comments:

  1. Salam kenal..
    Thank's..buat source code nya..
    oya..saya lagi nyari judul untuk TA
    kira-kira apa ya..??
    jiaka ada judul yang bs untuk dijadikan TA tolong kirim ke alamat e-mail saya ya.. firman1186@yahoo.com atu f1rm4n_cow@gmail.com.
    Terima kasih...!!!

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga....
    Program ini bukan saya yg buat, pembuatnya bisa di kunjungi di chaidir.wordpress.com
    untuk TA, mungkin kamu bisa mengembangkan program ini menjadi lebih canggih :)
    tapi jangan lupa ijin dulu ke pembuat aslinya ya, thx

    ReplyDelete
  3. I am a student. now I entered in senior high school grade XII. nice to know you. very thanks I gived to this creator's aplication. now I no need difficult work to theaching my sister.

    thankssss so much to created this aplication :)

    ReplyDelete
  4. kenapa aplikasi nya tidak bs didownload, pdhal saya sangat butuh untuk anak saya. mohon bantuannya.. terimakasih

    ReplyDelete
  5. Mohon maaf apabila link diatas sudah tidak berfungsi lagi, saat ini sudah saya update diambil dari blog sang pembuat dan insyaallah sudah bisa didownload. Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Kenapa gak bisa di donwload ? padahal saya butuh banget

    ReplyDelete