Tuesday, July 2, 2024

Bubur Manado ala-ala Bunda

 Assalammualaikum ...

Hai Sahabat apa kabarnya nih.. semoga semua diberikan kesehatan yah ...bagi yg sdg kurang sehat semoga lekas diberikan kesehatan kembali yah...

Setelah sekian purnama bunda ga nulis2.. krn kesibukan yang luar biasa.. yuk.. ah kita mulai lg.. oprak oprek dapurnya ..

bingung bikin sarapan apa lagi yah  buat kesayangan2 kita... buka kulkas... we..ow..we.. ada bayam, kangkung, kemangi, labu kuning, wortel, langsung gak tuh kepikiran bikin bubur manado yg sekali makan udah dapet banget nutrisinya... cuuuss lah eksekusi..


Resep :

  • Nasi 5 Sendok Centong
  • Labu Kuning (kira-kira 2 ruas, potong kotak2)
  • Wortel 2 buah (kupas, potong kotak2)
  • Jagung 1 buah (dipipil)
  • Sereh 1 btg (keprek)
  • Bayam (ambil daunnya sesuai selera)
  • Kangkung (ambil daunnya sesuai selera)
  • Kemangi (ambil daunnya sesuai selera)
  • Garam, Lada
  • Penyedap (optional)
  • Bawang Putih Goreng secukupnya untuk campuran (optional)
  • Air (kl sy 1.500 ml sesuai selera kentalnya bubur aja yah)

Topping : 
  • Ikan teri kacang balado
  • Ikan asin 
  • Bon cabe

Cara Memasak :
  1. Didihkan Air. masukan Labu Kuning, Nasi dan Sereh, aduk 2 hingga labu empuk
  2. Masukan Wortel dan jagung aduk kembali hingga wortel dan jang empuk
  3. Masukan Bawang Putih Goreng (coba deh aromanya beda deh) aduk hingga rata
  4. Tes Rasa jika sdh ok, masukan dedaunannya yah bun lalu aduk rata kembali
  5. Jika terasa sudah cukup semua angkat dan sajikan selagi hangat beserta topping yg ditaburi diatas bubur manado tadi.
Kenapa???

  1. Ko.. pake Bawang Putih Gorengnya di tengah2 bubur yang sudah hampir jadi??
  2. Ko .. Pake Ikan Teri Kacang Balado dan bon cabe??
Jawabanya : 
  • Mencampurkan Bawang Putih yang sudah digoreng di tengah bubur yg hampir matang ternyata membawa aroma yang khas dibanding direbus dr awal
  • Pakai Teri Kacang Balado hanya selera aja sih bun... krn sy kl masak tidak terlalu berani garam... kl bon cabe krn pilih praktisnya aja kl lg buru2😁😁


Selamat mencoba bunda2... semoga bisa menjadi reverensi disaat  lg bingung mau masak apa...

No comments:

Post a Comment